MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
SISWA KELAS XI HUMANIORA
MAN 1 JEMBRANA
DIAN FAJRIYA, S.Pd.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur menggunakan Strategi Kooperatif Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan media ‘Amplop Pintar’ pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas XI Humaniora MAN 1 Jembrana. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif kuantitatif digunakan untuk mengolah karakteristik data yang berkaitan dengan jumlah rata – rata, mencari persentase, dan menyajikan data yang menarik, dan mudah dibaca. Data berupa tes digolongkan sebagai data kuantitatif dan data yang berupa observasi digolongkan sebagai data kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data, hasil belajar siswa melalui diterapkannya menulis teks prosedur dengan menggunakan Strategi Kooperatif Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan media ‘Amplop Pintar’ pada PPL Aksi II jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 85%. Hasil praktik baik ini diharapkan dapat meningkatkan keaktifan dan kekreatifan menuangkan ide-idenya dalam kegiatan pembelajaran menulis.
Kata Kunci— menulis, teks prosedur, amplop pintar